Jumat, 25 Maret 2011

Taman Mawar/ Roseraie Du Val De Marne

Tempat-tempat wisata di Paris, selain menara Eiffel, Louvre,  Arc de Triomphe, Versailles,  Notre Dame de Paris  /Katedral Notre Dame), Montmartre dengan Basilica de Sacre Coeur, Disneyland, Taman Luxembourg ,  Replika patung Liberty di Ile de Cygnes, dll, dll, ada banyak bangets.  Tapi bila anda penggemar mawar seperti saya, jangan lupa sempatkan ke Taman Mawar / Roseraie du Val De Marne.
Roseraie / Taman Mawar Val de Marne
Roseraie / Taman Mawar Val de Marne
Alamatnya di  Rue Albert WATEL – 94240 L’HAŸ-LES-ROSES.  Kalo naik metro turun di Porte d’Italie trus lanjutkan dengan bus 186 or 184 (kalo hari libur, bus 286).  Kalo naik RER turun di stasiun Bourg-la-Reine trus lanjut dengan bus 172 atau 192.
Waktu terbaik untuk berkunjung adalah bulan Juni karena saat itu hampir semua mawar berbunga, ada ribuan mawar dengan berbagai macam warna, ukuran dan bentuk.  Ada mawar merambat untul pergola,  gazebo  maupun pagar, ada koleksi mawar modern, mawar kuno, maupun mawar botanik.
Datang sebaiknya diwaktu pagi, sehingga  anda punya banyak waktu untuk mengitari taman yang merupakan taman rose pertama di dunia.  Pertama kali dibuat oleh pemiliknya – Mr Jules Gravereaux – pada tahun 1894 (waktu itu masih sebagai taman hobby semata), kemudian  tahun 1899 Mr Gravereaux menyewa  Mr Edouard André   untuk mengembangkannya dengan design taman  profesional.  SEjak 1910 Mr Jules Gravereaux sudah mengkoleksi 8000 jenis rose dari segala .   Sayangnya saat ini yang ada tertinggal hanya 3300 jenis mawar dan 85% nya adalah mawar kuno.  Jumlah semua pohon mawar yang ada sekarag ini adalah 16 000 pohon / tumbuhan.
Taman mawar terbuka untuk umum dari pertengahan mei – pertengahan september,  dari jam 10 pagi sampai jam 8 malam.   Di bulan Juni ada konser musik setiap sore jam 17.00.    Tiket masuk sebesar 3 euro untuk dewasa dan anak2 umur lebih dari 15 tahun.  Tiket discount 1.5 euro untuk anak2 umur 5 – 15 tahun, orang tua umur > 60 thn, pelajar, veteran dan untuk group lebih dari 15 orang.   Gratis tiket masuk untuk anak2 dibawah 5 tahun, pegawai pemerintahan prancis, wartawan yg pake id card, anak2 sekolah kawasan Val de Marne.   Yang penting diketahui tiket dibayar pake uang tunai atau cek, gak terima kartu kredit.
Di taman anda akan menikmati bentuk2 design taman yang berbeda dengan fokus utama pada La roseraie a la française (formal rose garden), ada juga oriental rose garden, koleksi mawar botanik, Mrs Gravereux rose garden, dll.
Nah, ini sebagian foto2 taman mawar / roseraie du Val de Marne.  Perhatikan design tamannya yg apik dengan gradasi warna, gragasi ukuran pohon, semua dirancang dengan teliti dan perawatan yg maksimal.

1 komentar: